日本財団 図書館


 

kebijakan "satu anak" boleh dikata telah mapan, karena biaya pendidikan yang terus saja meningkat dan adanya harapan akan meningkatkan mutu kehidupan mereka sendiri.

 

26. Sebuah Taman Kanak Kanak di RRC. Grafik. Perubahan Penduduk
Walaupun kebijakan pengekangan populasi dijalankan begitu ketat dan tak ada tandingannya di dunia, jumlah penduduknya setiap tahun masih terus bertambah dengan 14 juta jiwa, dan pada tahun 1995 melampaui 1,2 milyar jiwa.
Di balik pertambahan penduduk mi terdapat nilai-nilai tradisional yang sudah berurat-akar di pedesaan yaitu "banyak anak, banyak rezeki", dan "mementingkan laki-laki, merendahkan perempuan". Pemerintah pun memperbolehkan kelahiran anak kedua beberapa tahun setelah kelahiran anak pertama yang perempuan.

 

27. Pemandangan Desa Pertanian. Grafik. Angka Kelahiran oleh Rata-rata Wanita Usia Melahirkan
Di samping itu, sejak adanya sistem "Pertanian Kontrak" dimana keluarga petani yang punya lebih banyak pekerja dapat mengerjakan tanah yang lebih luas dan karena itu bisa mendapat penghasilan yang lebih banyak, maka memiliki 2 anak menjadi hal yang umum di pedesaan.
Walaupun begitu, jumlah kelahiran oleh rata-rata wanita usia melahirkan sebesar 1,89 dapat dipandang sebagai sukses yang besar dalam kebijakan satu anak di RRC.

 

28. Grafik. Prakiraan Pertambahan Penduduk Dunia.
Ini adalah Grafik Prakiraan Populasi Dunia menjelang tahun 2150. Dalam abad ke-2 I diperkirakan bahwa jumlah penduduk akan melonjak,

 

 

 

前ページ   目次へ   次ページ

 

 






日本財団図書館は、日本財団が運営しています。

  • 日本財団 THE NIPPON FOUNDATION